Home » , , » Dongeng Burung Gagak Yang Menipu Ular

Dongeng Burung Gagak Yang Menipu Ular



Dongeng Burung Gagak Yang Menipu Ular


Suatu hari ada seekor ulat yang sedang menyusuri tepian kali. Tiba-tiba ular dikejutkan oleh sebuah bunyi parau yang sangat menyakitkan pendengaran siapa saja yang mendengarnya. Ular kemudian mencari sumber dimana asal bunyi parau itu berasal. Tiba-tiba saja ular menemukan ada seekor burung gagak yang sedang bertengger di sebuah batang pohon. Kemudian sang ular bertanya kepada si burung gagak, " Hei burung gagak, apakah kau mendengar dimana bunyi parau yang sangat menyakitkan pendengaran itu berasal, jawab hai burung gagak" pinta ular.


"Aku dari tadi tidak mendengar ada bunyi jelek yang menyakitkan pendengaran disini", jawab burung gagak. Kemudian gagak melihat kearah ular dan bergumam " Huh, ular tidak tahu, bila bergotong-royong bunyi parau itu ialah suaraku, dan beliau sepertinya sangat terganggu".

Ular memang tidak percaya, alasannya ialah tidak ada lagi makhluk penghuni hutan yang berada disitu, selain burung gagak.

Kemudian gagak berkata "Hai ular, apakah kau ingin mendengarkan kicauan ku?" tanya gagak kepada ular.

"Memangnya kau mampu berkicau, hei burung gagak yang sombong?" tanya ular kepada si burung gagak. Si burung gagak menjawab "ya sudah pastilah gue mampu berkicau dengan kicauan yang sangat mengagumkan dan merdu. Sekarang tutuplah matamu nanti kau akan dengarkan kicauan merdu yang berasal dari mulutku.

Begitu ada seekor burung love bird datang menghampiri, sang ular cuma mampu mendengar dan berkata sambil menutup matanya "Wah, mengagumkan sekali kicauan-mu, burung Gagak, kau memang sangat merdu sekali." kata ular yang masih menutup matanya.

"Nah sekarang kau boleh membuka matamu, hai ular" kata gagak yang tadi menipu ular dengan tipu dayanya biar ular percaya bila suaranya sangat merdu.

"Baiklah, gue pamit mau meneruskan perjalananku mencari makan, kau silahkan berkicau kembali" kata ular kepada gagak.

Tak lama kemudian si ular berlalu, dan si burung gagak hanya senyum sinis kepada si ular. "Huh dasar binatang bodoh, mana mampu gue seekor gagak dapat berkicau menyerupai burung love bird..hahaha" gumam si gagak.

Tak lama setelah meninggalkan burung gagak, ular terkejut sekali mendengar teriakan minta tolong, dan bunyi itupun berasal dari belakangnya. Suara itu sangat dikenal oleh ular, ya...suara parau nan jelek itu, menghampiri ular sambil meminta tolong.

"Tolong....tolong...tolong ular, gue diburu oleh para pemburu yang ingin membunuhku.." teriak gagak.

Ular menoleh kebelakang, lalu berkata. "Oooohh...ternyata suar serak parau nan jelek itu ternyata bunyi mu , ya burung gagak" kata ular yang merasa tertipu oleh gagak.

"Maafkan aku, gue memang memiliki bunyi yang paling jelek, namun maukah kau menolong ku?" kata si gagak dengan penuh memelas.

"Boleh saja, asal kau berjanji tidak akan membohongi gue lagi" kata si ular. Si gagak berjanji dan karenanya si gagak mampu diselamatkan oleh ular dari kejaran para pemburu.

Hikmah kisah anak kali ini ialah janganlah kita sering berbohong, apalagi berbohong kepada orang tua, teman, sahabat maupun kepada siapa saja di dunia ini. Berlakulah jujur dan selalu menolong dan membantu orang lain.

Baca juga kisah anak lainnya:
- Dongeng anak sebelum tidur - Kisah rino yang baik hatinya
- Cerita harimau dan kancil part 2
- Dongeng kancil melawan nalar anyir harimau 

Sumber http://www.dongenganakindonesia1.com


Dongeng Burung Gagak Yang Menipu Ular


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)