Home » , , , » Cerita Anak : Dongeng Bangau Dan Merak Yang Sombong

Cerita Anak : Dongeng Bangau Dan Merak Yang Sombong

Adik-adik yang baik, kali ini Burung bangau dan Burung merak yang sombong. Sudah tau kan menyerupai apa burung merak, ia memiliki keindahan pada bulunya. Nah, Yuk kita baca saja dongeng nya.

Pada suatu hari di di pedalaman hutan ada seekor burung merak yang arogan dan sangat sombong. Ia sangat membanggakan dirinya sebab memiliki bulu-bulu yang indah.

Keseharian Merak selain mencari makan Ia lebih sering berjalan-jalan dan menjumpai binatang lainnya hanya sekedar untuk menyombongkan keindahan yang dimilikinya.


Saat Merak sedang berjalan-jalan di tengah hutan, Ia bertemu dengan Bebek, dan menyerupai biasa merak beraksi menyombongkan dirinya. Ia mulai merentangkan bulu indahnya dihadapan si bebek.

"Lihat bebek, lihatlah bulu indahku ini. Apakah kau punya bulu-bulu yang rupawan menyerupai diriku," kata Merak

Bebek yang tidak suka berdebat alhasil memilih membisu dan pergi meninggalkan Merak yang sombong itu.

"Ah, kau ini memang belibis payah dan jelek." ujar Merak melihat belibis pergi meninggalkannya.

Tidak berapa lama hinggap lah bangau. Dan menyerupai biasa Merak mulai merentangkan bulunya yang rupawan dibawah sinar matahari.

Dongeng Lainnya:

"Bangau, coba kau lihat," kata Merak "Dapatkah kau mengalahkan keindahan ku? Lihat, saya bermandikan kemewahan dan pelangi, sedangkan bulu mu kusam kelabu menyerupai debu."

Bangau pun mulai merentangkan sayapnya dengan lebar-lebar dan kemudian ia terbang ke atas. Di atas bangau bicara kepada Merak

"Merak, lihatlah aku. Apakah kau mampu terbang menyerupai aku, ikutilah saya kalau kau bisa," kata bangau.

Akan tetapi Merak hanya mampu membisu bangun terpaku sebab Ia tidak mampu terbang keatas menyerupai bangau.

Nah adik-adik yang baik, dari dongeng anak dongeng bangau dan merak diatas kita mampu ambil hikmahnya yakni Janganlah kita menyombongkan diri terhadap apa yang kita miliki. Karena mungkin saja mereka punya apa yang kita tidak miliki.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)