Home » , , » Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif

Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif

Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif

By Ravi Vilda

Sebagai blog dongeng anak yang terkenal, aku akhir-akhir ini kami menerima banyak email yang bertanya bagaimanakah membawakan atau teknik membaca dongeng anak yang efektif. Kita sebagai orang renta memang tidak boleh menyepelekan pendidikan bagi putra-putri kita, terutama pendidikan ihwal kasih sayang dan ilmu ber-sosialisasi yang sangat penting bagi anak kelak mereka nanti dewasa.

Mendongeng yaitu salah satu media yang bisa kita pakai untuk membawakan cerita-cerita seputar kehidupan yang dibawakan dengan lugas, tegas serta menarik untuk anak-anak. Berikut yaitu tips teknik membaca dongeng anak yang efektif.

Baca juga dongeng anak Cerita Si Kancil Kerbau dan Buaya

1. Pilihlah dongeng anak yang sederhana

Cerita atau dongeng anak yaitu hal yang paling menarik bagi semua anak. Mereka sangat senang kalau mendengar dongeng yang sederhana namun penuh dengan makna. Ambil contohnya saja Si Kancil mencuri ketimun yang paling banyak digemari oleh bawah umur Indonesia. Selain alur ceritanya mudah dihapal oleh orang tua, juga sangat simpel untuk dibawakan dan diceritakan kepada anak-Anak.

Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif

2. Buatlah semenarik mungkin dalam bercerita

Dalam mendongeng tidak semua orang renta bisa membawakan sebuah dongeng anak dengan sempurna. Namun kalau kita sebagai orang renta bisa membawakan sebuah dongeng anak dengan menarik perhatian anak. Caranya?, caranya mudah sekali. Buatlah mimik wajah sesuai abjad dongeng anak yang dibawakan.

Dengan demikian anak bisa bisa membedakan abjad dongeng yang dibawakan oleh si pendongeng. Kemudian buatlah suara-suara yang berbeda untuk setiap abjad di dalam dongeng tersebut. Dari segi psikologis anak, inilah yang akan menumbuhkan kepintaran anak dalam membedakan karakter-karakter dongeng yang mereka dengar, sehingga akan tersimpan baik dalam memori mereka.

3. Atur irama atau tempo dalam mendongeng

Nada bunyi sangat besar lengan berkuasa dalam mendongeng, buatlah nada-nada cepat dikala dongeng sangat seru atau menegangkan, lalu dikala dongeng dalam irama yang lambat, buatlah bunyi atau perkataan yang selembut mungkin. Ini sangat besar lengan berkuasa kepada irama mendengar bagi si anak.

4. Buatlah dongeng bersambung

Ketika si anak mulai merasa "enjoy" dengan alur dongeng yang kita buat, bisa jadi si anak akan merasa ketagihan untuk mendengarkan kelanjutannya. Nah hal ini bisa anda siasati dengan cara membuat episode-episode bagi dongeng yang mungkin terasa panjang.

Hal baiknya yaitu anak akan merasa kalau mereka perlu menunggu untuk seri dongeng berikutnya. ini akan mengajarkan kepada anak ihwal kesabaran. Mereka akan terbiasa dengan tabah dalam hidup mereka nantinya.

Baca juga dongeng anak pemuda miskin yang suka sedekah

Demikianlah tips teknik membaca dongeng anak yang efektif. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda orang renta yang menginginkan tumbuh kembang anak dengan sempurna. Terima kasih telah berkunjung di blog dongeng anak indonesia, Silahkan share artikel ini kepada sobat kerabat anda kalau bermanfaat. Yuk Adik-Adik kita baca lagi cerita-cerita menarik lainnya di blog ini, menyerupai Cerita Anak Si Kancil Yang Pintar dan Nakal yang pasti seru dan menyenangkan. yang pasti seru dan menyenangkan.
Sumber http://www.dongenganakindonesia1.com

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)