Home » , , , » Kisah Semut dan Paduka Raja

Kisah Semut dan Paduka Raja

Pada saat dahulu kala jauh nun disana, di zaman kekaisaran kuno, hiduplah seorang Paduka Raja yang sangat terkenal keadilannya. Paduka Raja tersebut sangat mencintai rakyatnya. Bahkan Paduka Raja tersebut dalam mencinta keluarganya tidak melebihi cintanya pada rakyatnya. Sehingga kalau ada anggota keluarganya yang bersalah tetaplah di hukum sebagaimana orang lain. Yang lebih istimewa lagi, Paduka Raja ini juga penyayang Dunia Binatang.

Karena cintanya pada Dunia Binatang, suatu hari Paduka Raja yang adil itu pergi berjalan-jalan menemui seekor Semut Imut. Si Semut Imut merasa senang dan bangga mendapat kunjungan dari Paduka Raja.

semut

“Bagaimana kabarmu, Semut Imut?” tanya sang Paduka Raja.“Hamba baik-baik saja Baginda,” jawab Semut Imut gembira.“Dari mana saja engkau pergi?”

“Hamba sejak pagi pergi ke beberapa tempat tetapi belum juga mendapatkan makanan, Baginda.”

“Jadi sejak pagi engkau belum makan?”

“Benar, baginda.”

Paduka Raja yang adil itu pun termenung sejenak. Kemudian berkata, “wahai, Semut Imut. Beberapa banyak makanan yang engkau perlukan dalam setahun?”

“Hanya sepotong roti saja baginda,” jawab Semut Imut.“Kalau begitu maukah engkau kuberi sepotong roti untuk hidupmu setahun?”“Hamba sangat senang, Baginda.”

“Kalau begitu, ayo engengkau kubawa pulang ke istana,” ujar Paduka Raja, lalu membawa Semut Imut itu ke istananya. Semut Imut sangat gembira karena mendapatkan anugerah makanan dari sang Paduka Raja. Ia tidak susah-susah lagi mencari makanan dalam setahun. Dan tentu saja roti pemberian sang Paduka Raja akan lebih manis dan enak.

“Sekarang engengkau masuklah ke dalam tabung yang telah kuisi sepotong roti ini!” perintah sang Paduka Raja. “Terimakasih, Baginda. Hamba akan masuk.”

“Setahun yang akan datang tabung ini baru akan kubuka,” ujar sang Paduka Raja lagi.“Hamba sangat senang, Baginda.”

Tabung berisi roti dan Semut Imut itu pun segera ditutup rapat oleh sang Paduka Raja. Tutup tabung itu terbuat dari bahan khusus, sehingga udara tetap masuk ke dalamnya. Tabung tersebut kemudian disimpan di ruang khusus di dalam istana.

Hari-hari berikutnya sang Paduka Raja tetap memimpin rakyatnya. Berbagai urusan ia selesaikan secara bijaksana. Akhirnya setelah genap setahun, teringatlah sang Paduka Raja akan janjinya pada Semut Imut.

Perlahan-lahan Paduka Raja membuka tutup tabung berisi Semut Imut itu. Ketika tutup terbuka, si Semut Imut baru saja menikmati roti permberian Paduka Raja setahun lalu.

“Bagaimana kabarmu, Semut Imut?” tanya sang Paduka Raja ketika matanya melihat Semut Imut di dalam tabung.“Keadaan hamba baik-baik saja, Baginda.”Tidak pernah sakit selama setahun di dalam tabung?”

“Tidak baginda. Keadaan hamba tetap sehat selama setahun.”

Kemudian sang Paduka Raja termenung sejenak sambil melihat sisa roti milik Semut Imut di dalam tabung.“Mengapa roti pemberianku yang hanya sepotong masih engkau sisakan separuh?” tanya sang Paduka Raja.


“Betul, Baginda.”“Katanya dalam setahun engkau hanya memerlukan sepotong roti. Mengapa tak engkau habiskan?”

“Begini, Baginda. Roti itu memang hamba sisakan separuh. Sebab hamba khawatir jangan-jangan


Baginda lupa membuka tutup tabung ini. Kalau Baginda lupa membukanya, tentu saja hamba masih dapat makan roti setahun lagi. Tapi untunglah Baginda tidak lupa. Hamba senang sekali.”

Sang Paduka Raja sangat terkejut mendengar penjelasaan si Semut Imut yang tahu hidup hemat. Sang Paduka Raja tersenyum kecil di dekat Semut Imut.

“engkau Semut Imut yang hebat. engkau dapat menghemat kebutuhanmu. Hal ini akan kusiarkan ke seluruh negeri agar rakyatku dapat mencotohmu. Kalau Semut Imut saja dapat menghemat kebutuhannya, mengapa manusia justru gemar hidup boros?”

“Sebaiknya Baginda jangan terlalu memuji hamba,” jawab si Semut Imut.Semut Imut itu akhirnya mendapat hadiah lagi dari Paduka Raja. Sebagai tanda terima kasih karena telah mengajarinya hidup hemat dan sederhana

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)