Home » , , , » Dongeng kancil dan serigala yang suka berkelahi domba

Dongeng kancil dan serigala yang suka berkelahi domba



Dongeng kancil dan serigala yang suka berkelahi domba


Dongeng kancil dan serigala yang suka tabrak domba. Dongeng kancil kali ini bercerita wacana kisah seekor serigala yang senang mengadu domba antar sesama penghuni hutan. Dikisahkan pada suatu dikala kancil sedang membereskan hasil panen mentimun pak petani. Ia kini diperbolehkan mengambil mentimun pak petani asalkan sudah ijin terlebih dahulu. Si kancil kini lebih berhati-hati alasannya ialah ia sering dituduh mencuri ketimun pak petani alasannya ialah dulu ia memang tidak tahu bahwa ketimun itu milik pak petani.

Berita bahwa kini si kancil tidak lagi mencuri timun petani hingga ke pendengaran serigala yang memang iri kepada si kancil.

"Apa??...kini si kancil boleh mengambil ketimun pak tani dengan seenaknya?". Kata si serigala yang heran bila kini si kancil boleh mengambil ketimun pak tani sesukanya, padahal sesungguhnya si kancil harus ijin dulu bila ingin mengambil ketimun pak tani.

Baca juga dongeng anak Kisah Anak Raja Yang Jujur Dan Baik Hati

"Ini tidak boleh dibiarkan, si kancil kan cocok dengan julukan si kancil suka mencuri ketimun, bila begini ia berarti menjadi si kancil yang jujur namanya, dan saya tidak suka itu" pikir si serigala.

"Aku harus menandakan bila si kancil itu senangnya mencuri ketimun dan tidak boleh menjadi kancil yang baik hati" si serigala sangat geram sekali kepada si kancil.


Tampak di kejauhan di sebuah kebun ketimun milik petani, si kancil sudah simpulan membereskan hasil panen mentimun pak petani. "Hmm...ketimun yang ranum sekali, ingin saya memakannya...upss..tapi saya sudah komitmen bila saya harus minta ijin dulu ke pak petani biar saya di beri ketimun yang banyak" si kancil bergumam dalam hatinya.

Walau kini si kancil boleh memakan ketimun sesukanya, namun kancil harus tetap minta ijin semoga ia tidak di-cap sebagai pencuri ketimun lagi.

Malam berlalu, si kancil pulang ke tempatnya, dan dari balik semak disamping rumah pak petani, si serigala mengendap-endap menuju gudang penyimpanan ketimun pak petani.

Kemudian diambilnya ketimun pak petani. Lalu ia bawa pulang.

Keesokan harinya, semua penghuni hutan geger tersiar kabar bahwa petani kehilangan seluruh hasil panen ketimun miliknya. Si serigala tampil di tengah-tengah kerumunan penghuni hutan yang sedang berkumpul.

"Kenapa kalian masih saja bertanya-tanya siapa pencuri ketimun pak petani, ini sudah pasti si kancil khan!" Si serigala pribadi menuduh si kancil.

"Hei serigala, apa buktinya bila si kancil mencuri ketimun pak petani" kata kerbau heran dan curiga.

"Lho mudah saja khan, si kancil yang biasa mencuri ketimun, siapa lagi?". Serigala membela dirinya dan mencoba berkelit.

Tidak lama kemudian muncullah kancil dari dalam hutan, sembari meregangkan kaki-kakinya layaknya menyerupai gres berdiri dari tidur.

"Ada apa ini?" si Kancil bertanya terheran-heran. "Nah ini ia pencurinya, tangkap saja", kata si Serigala yang memiliki hati yang sangat busuk. "eit..tunggu dulu, siapa yang mencuri dan apa yang dicuri?" tanya si Kancil.

Baca juga dongeng anak Kisah Persahabatan Kerbau Dan Gagak Hitam

"Ah sudah lah cil, kau mengaku saja bila kau sudah mencuri timun pak petani, ya khan!", kata serigala, "memang itu dulu, tapi sekarang saya sudah minta ijin terlebih dahulu bila mau makan ketimun pak petani, soalnya saya kemarin gres saja membereskan hasil panen pak petani, lho".

"Hahahahaha...dasar pencuri, masih saja berkelit, ayo sudah ngaku saja cil" si Serigala semakin geram ,karena si kancil mempermainkannya.

"Begini saja, siapa yang mampu menandakan bila saya pencurinya" kata si Kancil, "Ya sudah pasti engkaulah pencurinya , Kancil.."kata si Serigala.

"Baiklah, ayo mari kutunjukkan dimana dan siapa pencuri timun pak petani sebenarnya. Si Serigala semakin heran dan resah mendengar perkataan si Kancil. Semua anggota hutan diajak si kancil menuju sarang serigala yang penuh dengan ketimun.

"Nah, kini siapa yang mencuri ketimun, saya atau serigalakah yang mencurinya." Serigala tampak gugup dan tidak mampu berkata-kata, apalagi setelah si kancil menyuruh si serigala untuk membuka lisan si serigala yang penuh dengan bekas ketimun yang ia makan semalam.

Ternyata pencuri ketimun yang asli ternyata ialah serigala yang berusaha mengadu domba antara kancil dengan penghuni hutan lainnya semoga mereka membenci Si Kancil yang arif dan pintar.

Hikmah dongeng anak kali ini ialah janganlah kita membenci seseorang sehingga kita berbuat yang tidak dibenarkan, Semoga dongeng anak si Kancil ini menghibur adik-adik semua yaa..

Sumber http://www.dongenganakindonesia1.com


Dongeng kancil dan serigala yang suka berkelahi domba


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)