Home » , , » Dongeng Burung Merpati Putih Dan Burung Gagak Hitam

Dongeng Burung Merpati Putih Dan Burung Gagak Hitam

Dongeng Burung Merpati Putih Dan Burung Gagak Hitam


Pada jaman dahulu, ada seekor burung merpati yang sedang hinggap di sebuah pohon. Sang merpati sangat merasa kesepian semenjak ditinggal oleh pasangannya yang mati alasannya yaitu petaka asap yang menimpa kawasan tersebut. Merpati yang dulu bulunya berwarna putih, kini tampak kusam dan tidak berwarna putih cemerlang menyerupai dulu. Ia merasa duka ditinggal teman-temannya yang kini entah mengungsi kemana, si Merpati putih ini merasa kehilangan.



Tak lama kemudian datanglah burung gagak yang terengah-engah dengan bunyi paraunya yang sangat khas sekali. Si burung gagak terbang mendekati merpati yang sedang sendirian.

"Hai merpati, sedang apa kau disini, apakah kau tidak mengungsi ketempat yang lebih bersih udaranya.?" tanya si gagak.

"Hai burung gagak, tidak, gua sedang merenung dan kelelahan setelah terbang ribuan kilometer untuk menghidari asap yang sangat menggangu itu, bahu-membahu kau dari mana? si merpati kini bertanya kepada gagak.

"Kakkkk,...kaaakk...aku juga gres saja mengungsi dari kepungan asap itu, dan gua terbang sangat jauh sekali, dan beruntung gua ketemu dengan engkau, Merpati" jawab si gagak.

"heii,.....kenapa engkau bersedih, apa yang sedang kau fikirkan wahai merpati yang kusam?" tanya gagak yang penasaran dengan raut wajah di merpati yang sedang sedih.

"Ketahuilah gagak, gua kehilangan teman-temanku yang sedang tertidur di atas ranting pohon, kemudian kebakaran hutan itu menimbulkan mereka tidak mampu menyelamatkan diri mereka, sehingga mereka kesannya terbakar dengan pohon" jawab merpati sedih.

"Sudahlah, jangan kau sesali. kini kau sudah bersama aku, mari kita berteman" kata gagak.

Merpati tersenyum mendengar perkataan si gagak, kesannya mereka berteman dan merekapun kini saling tolong menolong, tidak ada rasa dendam di hati mereka kepada siapa saja yang merusak hutan mereka, namun bagi mereka yang merusak alam lingkungan bagi para satwa, sadarlah bahwa mereka juga butuh tempat tinggal dan mereka juga butuh hidup.

Hikmah dongeng anak menyerupai ini, semoga kita selalu menjaga kelestarian hutan kita, semoga kita juga tidak merusak tempat mereka hidup, alasannya yaitu mereka juga makhluk hidup ciptaan Yang Mahakuasa yang butuh tempat berteduh, sama menyerupai kita manusia.

lainnya :
- Cerita Anak Islami Singkat - Kisah Anak Yang Berbakti Kepada Orang Tuanya
- Cerita Anak Islami - Kisah Ravi Yang Pasrah
- Cerita kancil dan harimau part 2
- Cerita sang kancil dan kuda
Sumber http://www.dongenganakindonesia1.com

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)