Home » , , » Dongeng Anak Kisah Raja dan Pemuda Baik Hati

Dongeng Anak Kisah Raja dan Pemuda Baik Hati

Pada sebuah masa, terdapatlah sebuah kerajaan yang dahulunya dipimpin oleh seorang raja yang sangat bakir dan bijaksana. Namun alasannya demam isu kering yang berkepanjangan karenanya banyak rakyat di kerajaan itu karenanya tidak mampu bertahan hidup dan sang raja pun karenanya menderita sakit yang tidak ada obatnya, sampai pada suatu hari sang raja membuat sebuah sayembara bagi seluruh negeri. Sayembara itu berisikan kalau ada seseorang yang mampu mengubah keadaan menjadi lebih baik maka ia akan diangkat menjadi raja dan kalau ia perempuan, ia akan menjadi permaisuri.

Berita perihal sayembara yang datang dari kerajaan tadi karenanya terdengar oleh seorang anak muda yang sangat giat bekerja. Ia yakni seorang cowok yang tidak kenal lelah, walaupun demam isu pada waktu itu sangat kering, tapi ia tetap giat bekerja di ladang yang tandus untuk bertahan hidup.



Pemuda itu tidak tahu kenapa ia harus membantu sang raja, biar mampu sembuh dan mampu membantu raja biar keadaan di kerajaan itu mampu lebih baik dari yang sekarang. Ia pun karenanya berangkat menuju ke istana Raja untuk menyembuhkan sang Raja.

Singkat dongeng karenanya si cowok bertemu dengan sang raja dan menyampaikan ramuan abnormal kepada Raja, dan karenanya si Raja mampu sembuh dari penyakit yang diderita sekian lama.

Si Raja karenanya menyampaikan posisi raja untuk si anak muda tadi, tapi anak muda itu menolak, ia datang jauh hanya untuk menolong sang raja, bukan untuk posisi jabatan raja.

Si Raja sangat kagum akan sifat mulia sang Raja, dan karenanya menyampaikan sepeti emas kepada si anak muda untuk dibawa pulang.

"Bawalah emas dalam peti ini, semoga jasamu mampu kami kenang dan emas ini mampu bermanfaat kelak bagi kehidupanmu" kata sang Raja kepada si anak muda.

"Baginda raja, bukan hamba tidak sopan menolak pemberian Raja, tapi ijinkan saya untuk pulang dan tidak mendapatkan sepeserpun dari pertolongan hamba kepada Raja, hamba datang murni hanya untuk menolong raja".

Sang Raja kembali kagum dan besar hati kepada anak muda yang datang menolongnya dan tidak mengharapkan apapun dari bantuannya.

"Baiklah anak muda, saya hormati kegigihanmu menolongku, katakan apa saja yang kau inginkan, saya akan datang dan menolongmu" Janji sang Raja kepada anak muda tersebut.

"Terima kasih yang Mulia" jawab anak muda itu dan karenanya anak muda itu pergi dari istana Raja.

Beberapa waktu kemudian, si anak muda tersebut kembali ke kampung halamannya, dan iapun bekerja menyerupai biasa.

Pada suatu hari, datanglah seorang kakek bau tanah yang mendatangi kediaman si anak muda. Si kakek tampaknya kelelahan setelah berjalan jauh. Si kakek meminta tolong kepada cowok ini untuk menyampaikan minuman kepadanya.

Si cowok yang baik hati memang sangat terpuji, ia tidak hanya menyampaikan minuman kepada si kakek, tapi ia juga menyampaikan makan, pakaian dan kawasan untuk menginap.

Pada keesokan harinya si cowok terbangun dan ia sangat terperanjat sekali, ia berada di sebuah kawasan yang sangat mengagumkan sekali dan ia pun dikelilingi oleh bidadari yang cantik.

Ternyata ia gres sadar bahwa si kakek itu sudah bermetamorfosis seorang peri yang baik hati dan iapun kini tinggal bersama sang peri tersebut di istana yang sangat megah.

dongeng anak bangau yang pemalas
Sumber http://www.dongenganakindonesia1.com

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)