Home » , , , , » Kisah lembu dan si anak Katak

Kisah lembu dan si anak Katak

Ditengah padang rumput yang ranum hijau ada sebuah kolam yang dihuni oleh berpuluh-puluh katak. di antara katak katakitu ada 1 anak katak yang bernama sora, dia adalah anak katak yang paling besar dan kuat. sora  sangat sombong. sora merasa kalau tidak ada anak katak lainnya yang dapat mengalahkannya.


Sebenarnya kakak sora sering menasehati agar sora tidak sombong pada teman-temannya. tetapi nasehat kakaknya tidak pernah dihiraukan. hal ini menyebabkan teman-temannya mulai menghindarinya hingga kentus tidak punya teman bermain lagi

Pada suatu pagi, sora berlatih melompat di padang rumput. ketika itu juga ada seekor anak lembu yang sedang bermain disitu. sesekali anak lembu itu mendekati ibunya untuk menyedot susu. anak lembu itu gembira sekali, dia berlari-lari sambil sesekali memakan rumput yang segar. secara tidak sengaja lidah sapi anak lembu itu terkena tubuh sora.


"huhhhh, beraninya makhluk ini mengusikku", kata sora dengan marah sambil menjauhi anak lembu. sebenarnya anak lembu tidak berniat mengganggunya. kebetulan pergerakannnya sama dengan soras sehingga menyebabkan sora menjadi cemas dan melompat segera untuk menyelamatkan diri.Sambil terengah-engah kentus sampai di tepi kolam. melihat sora yang kecapaian, teman-temannya heran. "Hai sora, mengapa kamu terengah-engah dan mukamu pucat sekali?", tanta temannya. "Tidak apa-apa, aku hanya cemas. Lihatlah padang rumput itu. aku tidak tau makhluk apa itu, tetapi makhluk itu sangat sombong. makhluk itu hendak menelan aku", kata kentus.

Kakaknya yang baru tiba disitu menjelaskan. "Makhluk itu anak lembu. Sepengetahuan kakak anak lembu tidak jahat. mereka biasa dilepaskan di padang rumput ini setiap hari", kata kakaknya. "Tidak jahat? kenapa kakak bisa bilang seperti itu? saya hampir ditelannya tadi", kata sora. "Ah tidah mungkin. Lembu tidak makan katak atau ikan tetapi hanya makan rumput", jelas kakaknya.

"saya tidak percaya kak, tadi aku dikejarnya dan hampir ditendangnya", kata sora. "wahai teman-teman, aku sebenarnya bisa melawannya dengan menggembungkan diriku", kata sora sombong. "lawan saja sora! kamu pasti menang", teriak teman-temannya. "sudahlah sora, kamu tidak akan dapat menandingi lembu itu. Perbuatanmu itu berbahaya, hentikan!", kata kakak sora berualng kali. Tetapi kentus tidak perduli nasehat kakaknya.sora terus menggembungkan diri karena dorongan teman-temannya. Padahal sebenarnya teman-temannya ingin memberi pelajaran pada sora yang selalu sombong.

Setelah itu sora tiba-tiba jatuh lemas. Perutnya sakit dan perlahan-lahan dikempiskan kembali. kakak dan teman-temannya menolong sora yang lemas kesakitan. Akhirnya sora malu dengan sikapnya yang sombong yang merugikan dirinya sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)