Home » » SALAM DAMAI DARI NEGRI DONGENG

SALAM DAMAI DARI NEGRI DONGENG

Assalamu'alaikum...
Apa kabar sobat setia negri dongeng? Sehat? Baik? Saya harap semua selalu dalam keadaan sehat dan baik selalu.

Alhamdulillahirobbil'alamin..Pada malam ini saya sebagai penulis blog negri dongeng mampu menyapa sobat semua lewat goresan pena sederhana ini.Niat saya pribadi tentunya ingin lebih komunikatif dengan pembaca.
Karena semenjak awal blog ini mulai saya buat,isinya hanya berupa dongeng dan dongeng saja tanpa ada perkenalan atau semacamnya.
Dan lewat posting ini saya ingin memperkenalkan diri saya kepada sobat semua,agar mampu terjalin silaturahmi yang berpengaruh antara kita.
Mungkin sobat akan bilang.."sudah telat kang..Emang kemaren-kemaren dari mana aja?".
Yah..Mungkin memang benar semua sudah telat,tapi lebih baik telat dari pada tidak sama sekali.Iya to? Hehehe..
Lewat posting ini saya ingin memperkenalkan diri,menyampaikan ide,opini,dan uneg-uneg saya.Dan saya harap sobat setia negri dongeng menunjukkan komentar sebagai masukan bagi saya dan tentunya untuk membangun blog ini semoga lebih baik dan bermanfa'at ke depan nanti. :)


Nah sobat negri dongeng..Perkenalkan,nama saya muhammad rifa'i.
Atau saya lebih suka di panggil kang bahlul.
"Lho..Kenapa mampu di panggil kang bahlul?".
Nah..Begini alasanya..Di tengah zaman sekarang yang secara umum dikuasai orangnya pada waras,atau minimal ngaku-ngaku waras...Saya ingin menjadi yang unik dan lain.Kan orang waras sudah banyak,jadi saya daftar jadi "anggota" orang-orang bahlul biar dunia mampu seimbang.Antara waras dan bahlul..Hahaha :D

Terus..Saya ini bukan orang yang berpendidikan.Cuma lulusan SD,tanpa pernah mengenyam dingklik SLTP apa lagi SLTA.Jadi sudah pasti terang saya bukan sarjana.
Saya hanya lulusan sebuah pesantren di kawasan jawa tengah, FADHLU WAHID itu nama pesantren saya dulu.
Pesantren saya dulu yakni pesantren salaf dan tradisional,tiap hari hanya mempelajari ilmu nahwu dan fiqh.
Adapunt kitab yang di pelajari yakni kitab kuning gundul,alias kitab kosongan tanpa harokat.
Saya alumni tahun 2007-2008 setelah 8 th jadi santri.

"Terus setelah lulus apa sampean jadi ustadz atau kyai kang?".

Hahaha..Tentu sajaaaaaa..TIDAK.. ^_^.
Mungkin sobat berfikir saya santri gagal.
Yah mungkin begitu,bahkan orang renta saya juga berfikir begitu.Tapi sebetulnya saya punya alasan lain perihal pendapat sobat ataupun orang renta saya.
Kalau saya boleh membela diri,sebenarnya begini...

Saya dulu dikala ke pesantren yakni dengan keinginan saya sendiri,bukan alasannya yakni dorongan orang tua.
Waktu itu usia saya masih terbilang kecil,soalnya saya gres lulus SD.
Aslinya baik guru ataupun orang renta saya menginginkan saya meneruskan ke tingkat SLTP.Maklum..Jelek-jelek begini saya ranking satu brow..Jadi mampu di bilang dulu saya anak yang lumayan cerdas. "^_^"

Tapi alasannya yakni melihat budpekerti dan moral belum dewasa desa saya yang masuk SLTA ataupun SLTP mampu di bilang ugal-ugalan,saya jadi nyadar..Bahwa saya tak ingin jadi menyerupai mereka.
Kaprikornus saya putuskan untuk masuk pesantren saja,karena "benteng" yang paling berpengaruh menahan hawa nafsu insan yakni "agama".
Jadi..Saya masuk pesantren dengan niat mencari "benteng" kehidupan,bukan biar jadi ustadz atau kyai.
Faham sodara-sodara..? Hehehe

Setelah saya lulus pesantren,saya putuskan untuk ganti mencari "ilmu dunia".Yaitu ilmu untuk mencari nafkah dan rizki yang barokah tentunya.

Saya lulus sempurna umur 20 th,setelah itu saya bekerja serabutan.Apa saja saya kerjakan.Saya tidak memikirkan upah waktu itu,tapi yang saya tuju yakni "saya ingin belajar".
Kaprikornus bulan pertama saya kerja di jakarta,ikut kerja catering.
Setelah 20 th lamanya saya tak pernah tahu "wajah dunia",baru itulah bulan pertama saya melihat dunia luar.
Tapi hanya bertahan 1 bulan saja saya eksklusif pulang.Kehidupan ibu kota yang terkesan "seronok" membuat saya tak kerasan alasannya yakni saya terbiasa hidup "katrok".

Nah..Setelah itu saya lari..Merantau ke kalimantan.
Lho..Lho..Lho..Seumur-umur saya tak pernah membayangkan apa lagi hingga mimpi merantau ke kalimantan.
Kalimantan kan daerahnya masih hutan,sepi tak seramai jawa..Ah gak sudi.Begitu dulu fikir saya..Hehehe
Tapi alasannya yakni takdir sudah ada yang mengatur,jadi mau tak mau harus di ikuti.
Di kaltim saya kerja serabutan juga.
Saya pernah jadi kuli bangunan,pemikul kayu di hutan,ngrintis hutan,jadi tukang minyak tanah,jadi pedagang besi tua,pernah jadi EO,pernah kerja di beling seni(paling lama),kerja manen sawit,kerja keliling jual beras,jadi penjual air galon keliling,dan sekarang saya kerja ikut interior.
Sudah tak terasa 5 tahun telah berjalan,dan hingga saya sadari..UMUR SAYA tak lagi MUDA.
Dan anehnya..Sampai umur setua ini,saya belum pernah pacaran.
Karena semenjak kecil gak pernah gaul dengan sahabat cewek,saya jadi takut sama cewek,malu..
Yah..Tapi itu termasuk berkah buat saya..Karena al-haya'u minal iman..Malu yakni sebagian dari iman.
Jadi..Ada yang minat nyariin isteri buat ana? Hahaha.. :D


Tapi di tengah-tengah kesibukan saya bekerja,saya tak membisu begitu saja tanpa mengamalkan ilmu yang saya miliki.Saya juga ingin membaginya.
Waktu saya kerja di kaca,saya juga nyambi jadi guru ngaji di malam hari.Kegiatan itu berlangsung hingga kerja jualan galon.
Tapi setelah pindah kerja..Semua berhenti alasannya yakni saya juga harus pindah tempat.Jadi saya tinggal semua murid-murid manis saya "T_T".

Saya membuat blog ini juga termasuk untuk membuatkan ilmu.
Saya ingin lewat dongeng-dongeng yang mengandung teladan di dalamnya,bisa membentuk huruf belum dewasa dari kecil semoga akhlaqnya baik.
Karena saya sadar..Merubah huruf belum dewasa itu lebih mudah dari pada huruf orang dewasa.
Karena fikiran belum dewasa itu masih lentur,tak "sekeras" dikala sudah dewasa.
Karakter saya sendiri aslinya suka ceplas ceplos dan lebih banyak bercandanya,maklum bawaan dikala di pesantren dulu.
Tapi alasannya yakni blog ini saya dedikasikan untuk anak-anak,jadi saya berusaha berhati-hati dalam tiap kata.
Karena saya tak ingin memberi teladan yang tidak baik bagi anak.
Karena anak harus kita ajarkan berkata dan berprilaku baik dan lemah lembut..Itu arti singkatnya SOPAN SANTUN.
Dan saya harap semoga blog ini bermanfa'at dan sempurna sasaran,terutama bagi orang renta yang ingin mendongeng pada anaknya atau kakak pada adiknya.
Karena lewat dongeng sederhana..Sifat dan cara berfikir anak mampu di arahkan ke hal positive.Hingga membentuk huruf anak yang akhlaqul karimah..Soleh dan solehah..Amiin..


"Kang..Kenapa blog ini di pasangi iklan.Jangan-jangan niatnya kang bahlul cuma buat nyari duit saja..".

Stop..!!
Jika hingga ada sobat yang berfikiran menyerupai itu,saya akan sangat merasa "tak di hargai".
Boleh saya bercerita?
Blog ini saya buat dari tahun 2010,dengan pemahaman minim dan biaya,waktu,dan tenaga yang tidak sedikit.
Karena satu niat saya.."saya ingin belajar" dan membuat hal yang bermanfa'at.
Jujur..Dulu saya membuat blog ini hanya sekedar untuk menyimpan semua koleksi dongeng yang pernah saya baca atau saya dengar dikala saya kecil.
Terus terang saya suka sekali dengan dongeng.
Dulu dikala saya kecil,bapak saya sering mendongengkan dongeng dikala menjelang tidur.
Tentang dongeng si kancil,dongeng kerbau dan sapi,cerita nabi,dan masih banyak lagi.
Masih banyak dongeng yang belum sempat saya tulis di sini dan masih tersimpan di memori saya.Karena faktor kerjaan yang masih sibuk tentunya.

Mulai tahun 2010 awal saya buat blog ini,blog ini dulu benama www.kang-bahlul.blogspot.com,kemudian saya dapat subdaomain gratisan dari cahbag.us dan berubah lagi menjadi www.santri.cahbag.us.
Dan pada tanggal 30
Desember 2012 saya putuskan untuk beli domain sendiri seharga 110 rb dengan cita-cita nama blog ini mudah di ingat dan dapat menjangkau pembaca yang lebih luas.Jadilah blog ini sekarang berjulukan www.negridongeng.com


Dari 2010 tiap bulan saya mengeluarkan biaya 50 rb/bln untuk sekedar ke warnet update artikel.Maklum..Saya tidak punya laptop alasannya yakni saya ini memang blogger miskin.
Tapi alasannya yakni niat saya demi menata akhlaq belum dewasa indonesia lewat dongeng (insya allah anak saya kelak termasuk di dalamnya.Karena hanya blog ini warisan yang mampu saya beri untuknya) semoga moral belum dewasa kita kelak mampu lebih tertata,saya harap do'a saya terkabul.Amiin.. :)

Nah..Sekarang coba sobat hitung-hitung berapa biaya yang saya keluarkan hanya demi sebuah blog? Dari 2010 sampe sekarang pengeluaran 50rb/bln di tambah domain,jadi apakah sobat masih berfikiran saya blogger matre?
Jujur saja ya sob..Dari awal saya jadi blogger hingga sekarang..Belum pernah saya ngicipi yang namanya "uang online".
Akun adsense saya saja dari pertama kali punya (kalau gak salah tahun 2011) hingga sekarang,cuma terisi $5,14.Apa lagi mengingat nice blog ini yang mengarah pada blog edukasi dan bukan perihal urusan ekonomi ataupun hal-hal lain yang menyangkut SEO,maka sepinya "donasi" sudah saya maklumi.
Penghasilan saya dari ngeblog jauh dari kata banyak apa lagi kaya.Cuma 5 dollar,hampir 4 th sob..Kebayang kan? Hahaha..

Yah saya maklumi..Orang indonesia itu secara umum dikuasai pelit "klik" bila soal iklan,mungkin takut bloggernya cepet kaya kali ya.
Terkadang mereka tak sadar,bahwa gosip atau tiap hal yang mereka dapat,itu juga butuh mengerahkan tenaga,waktu,fikiran,dan pastinya juga biaya.
Apa salahnya memberi donasi pada penulis blog sebagai rasa terimakasih?Toh mereka tak di rugikan jugakan hanya dengan satu klik iklan saja?
Ini saya tujukan untuk kalangan global,bukan untuk blog ini saja..Karena saya bukan blogger matre.Saya syukuri apa yang saya dapat,baik sedikit atau banyak tetap saya syukuri..Yang penting mereka melakukanya dengan tulus :)
saya hanya mencoba memberi masukan untuk mengubah cara berfikir sobat dalam hal "menghargai" perjuangan orang lain.
Udah dulu curhatnya..Next..


Nah..Sekarang saya ingin meminta pendapat pada sobat negri dongeng.
Saya punya rencana ingin menambahkan 2 kategori gres di blog ini.
Yaitu CERITA PETUALANGAN yang akan saya tulis sebagai dongeng bersambung dan kategori FIQH ANAK yang berisi hukum-hukum dasar perihal syariat islam.
Karena di tujukan untuk pembelajaran anak-anak,jadi hanya hukum secara garis besar saja,agar mudah di fahami oleh anak-anak.
Tentunya yang di bahas perihal dasar-dasar syari'at islam menyerupai tata cara wudhu,syarat wudhu,syarat solat,tentang najis,dan lain sebagainya.

Kategori ini ingin saya tambahkan sebagai rasa terimakasih saya kepada sobat negri dongeng,karena ada beberapa sobat setia yang sudah sudi memberi "donasi".
Yah lumayan..Rata-rata saya mampu dapat $0.10 perhari dari 1000 page view perhari blog ini,tapi kadang juga $0.00,gak tentu juga sih hahaha.. Tapi yang pasti saya ucapkan banyak-banyak TERIMAKASIH ya sob.. "^_^"d

Nah back to topic...Jadi saya minta pendapat dan masukan sobat perihal pandangan gres saya ini.Silahkan tinggalkan komentar ya sob,itu akan menjadi sebuah masukan yang sangat saya hargai demi blog ini semoga mampu jadi lebih bermanfa'at. :)

Saya tunggu masukan sobat negri dongeng semua hingga 30 hari semenjak posting ini saya buat.

So..Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk posting nggak penting ini,dan kang bahlul undur diri dulu.

Akhirul kalam..Wabillahittaufiq wal hidayah.. Wassalamu'alaikum wr.Wb "^_^"d

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)