Home » » Dongeng Anak Gembala dan Serigala Serta Anak Kambing yang Sombong| Dongeng Anak Terbaru

Dongeng Anak Gembala dan Serigala Serta Anak Kambing yang Sombong| Dongeng Anak Terbaru

dongeng anak gembala dan serigala
Dongeng Anak Gembala dan Serigala Serta Anak Kambing yang Sombong – Pada sutu hari di sebuah peternakan , tinggalah seorang anak gembala. Dia biasa menggembalakan dombanya di sebuah padang rumput. Tapi serigala sering datang dan memangsa domba-domba yang di gembalakanya. Akhirnya tinggal satu anak kambing saja yang beliau miliki. Merasa butuh dukungan , anak itu memutuskan untuk pergi ke desa yang berada di pinggir hutan untuk mencari petolongan menghadapi serigala-serigala itu. Karena jikalau terus di biarkan , maka peternakanya tak akan dapat di gunakan lagi alasannya ialah tak aman. Sementara beliau pergi , beliau menaruh anak kambingnya yang tinggal satu ekor di atas atap. Tujuanya semoga anak kambing itu aman selama kepergianya. Tak lupa beliau juga menyiapkan rumput di samping anak kambing itu.

Setelah anak gembala itu pergi , para kawanan serigala datang lagi ke area peternakan. Merasa aman alasannya ialah tak ada orang , mereka dengan leluasa memasuki area peternakan dan menjelajah dari satu gudang ke gudang yang lain. Tapi mereka sedikit kecewa , alasannya ialah mereka tak mendapati apa-apa. Waktu itu bertepatan si anak kambing yang berada di atas atap ingin memakan rumput yang di taruh di pinggir atap itu. Melihat para serigala yang datang , anak kambing itu melihat mereka sejenak. “ Ah , mereka itu bodoh. Tak mungkin mereka mampu naik ke atas sini”. Fikir anak kambing itu.

Merasa dirinya aman , anak kambing itu bukanya bersembunyi malah memanggil para serigala itu. Tentu saja para serigala eksklusif mendatangi dan berkerumun di bawahnya. Tapi alasannya ialah anak kambing itu merasa aman berada di atas atap , malah muncul sifat sombongnya dan mengejek para serigala yang ada di bawahnya. Para serigala hanya membisu saja , seakan ada yang mereka tunggu. Tak sepatah kata pun mereka ucapkan untuk membalas anak kambing itu. Akhirnya alasannya ialah lelah berteriak mengejek para serigala , anak kambing itu merasa lapar. Dan beliau berniat memakan rumput yang berada di pinggir atap. Tapi sial , alasannya ialah beliau ceroboh hasilnya anak kambing itu terpeleset dan jatuh dari atap. Dan tanpa menunggu waktu lama , para serigala pun eksklusif memangsanya.

Adapun pesan tersirat yang dapat kita petik dari cerita di atas ialah , jangan bersifat sombong saat kalian berada dalam posisi yang enak dan nyaman. Karena sifat sombong dapat membuat kalian bertindak ceroboh yang berahir pada akhir yang fatal.

Di tulis oleh: Muhammad Rifai

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)