Home » , , » Dongeng kancil dan siput

Dongeng kancil dan siput

Kali ini aku ingin cerita tentang dongeng kancil dan siput, pasti teman-teman banyak yang suka. begini ceritanya, di Pagi yang cerah, si kancil dengan gontai berjalan ke sungai untuk minum, di sungai si kancil bertemu dengan siput yang berjalan dengan sangat lambat, melihat itu si kancil dengan sombong berkata,

si Kancil : “Hai siput, beranikah kamu lomba lari denganku ?”
( ajakan terasa sangat mengejek siput, berpikir sebentar, lalu menjawab )
si Siput : “Baiklah, aku terima ajakanmu dan jangan malu kalau nanti kamu sendiri yang kalah.”
Kancil : “Tidak akan, masa jago lari sedunia mau dikalahkan olehmu, siput, binatang paling lambat di dunia.” ejek kancil.
si Kancil : “Baiklah, ayo cepat kita tentukan harinya !”
Siput : “Bagaimana kalau hari minggu besok, agar banyak yang menonton.” Kata siput.
Kancil : “Oke, aku setuju.” Jawab kancil.

sembari menunggu hari yang telah ditentukan itu, siput mengatur taktik. Segera dia kumpulkan bangsa siput sebanyak-banyaknya. Dalam pertemuan itu, siput membakar semangat kawan-kawannya dan dengan geram mereka ingin mempermalukan kancil dihadapan umum. Dalam musyawarah itu, disepakatilah dengan suara bulat bahwa dalam lomba nanti setiap siput ditugaskan berdiri diantara rerumputan di pinggir kali. Diaturlah tempat mereka masing-masing. Bila kancil memanggil maka siput yang didepannya itu yang menjawab begitu seterusnya.

Sampailah saat yang ditunggu itu. Penonton pun sangat penuh. Para penonton datang dari semua penjuru hutan.Kancil dan siput telah bersiap digaris start. Pemimpin lomba mengangkat bendera, tanda lomba di mulai. Kancil berlari sangat cepatnya. Semua tenaga dikeluarkannya. Tepuk tangan penonton kian menggema, memberi semangat kepada kedua kontestan. Setelah lari sekian kilometer, berhentilah kancil. Sambil napas terengah-engah dia memanggil.



siKancil : “Siput !” seru kancil.
siSiput : “Ya, aku disini.”

Karena siput telah berada didepannya, kancilpun kembali lari sangat cepat sampai tidak ada lagi tenaga yang tersisa. Kemudia dia pun memanggil.

siKancil : “Siput !” teriak kancil lagi.
siSiput : “Ya, aku disini.”

Berkali-kali selalu begitu. Sampai pada akhirnya kancil mendekati garis finish dan sudah yakin akan menang, tapi siput yang bertugas di posisi finish lebih dulu muncul dan Pemimpin lomba berteriak sambil melambaikan bendera finish,”Siput finish duluan!”. Riuhlah sorak-sorai penonton yang memadati garis finish.Siput tersenyum dan berkata kepada kancil,”makanya, jangan sombong, cil”. Kancil menggerutu dan meninggalkan tempat lomba tanpa mengucapkan sepatah katapun, malu sekali dikalahkan lomba lari oleh siput.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)