Home » , , » cerita Kancil makan si Singa

cerita Kancil makan si Singa

kawan-kawan masih cerita tentang kancil nih, sekarang aku ingin berbagi cerita Kancil makan si Singa, wah kancilnya pasti ribet ya kok singa dimakan kancil. ini ceritanya kawan-kawan.

suatu hari si kancil sedang berjalan melewati padang rumput yang luas. Dia bosan dengan suasana hutan dan ingin mencari udara segar. Suasana padang rumput yang luas dan terbuka memberi suasana baru bagi fikiran kancil yang sedang penat. Di sana kancil banyak bertemu kawan-kawan baru yang selama ini jarang 
dia temui di dalam hutan. 

Ada banteng,kudanil,jerapah,rusa,dan masih banyak hewan-hewan lainya 
yang hidupnya di alam terbuka. Tak terasa hari sudah mulai sore,si kancil pun berniat pulang ke 
rumahnya di dalam hutan. 
Di sepanjang jalan kancil bernyanyi riang untuk mengisi waktu dan 
mengusir jenuhnya perjalanan,karena perjalanan ke rumah bukanlah jarak yang dekat. Hari itu si kancil mendapat banyak pengalaman baru dan teman-teman 
baru,hingga membuat kancil merasa gembira akan kunjunganya kali ini. 
Tapi sungguh sial bagi si kancil,ketika dia sampai di pinggir hutan 
dia bertemu dengan singa. Tanpa menunggu aba-aba,dengan reflek si kancil berlari untuk menjauh 
dan menyelamatkan diri masuk ke dalam hutan. 
Tentu saja singa tak tinggal diam,dia pun mengejar kancil dan 
mengikutinya masuk ke dalam hutan. 
Tapi karena singa biasa hidup dan berburu di area padang rumput,dia 
sedikit kualahan mengejar kancil di dalam hutan. 
Banyaknya semak dan akar membuat singa sedikit terhambat,tapi 
sebaliknya bagi kancil.Karena biasa hidup dalam hutan,dia tahu benar 
seluk beluk hutan itu. 
Hingga si kancil tak kesulitan untuk berlari dengan bebas. 

Akhirnya tibalah si kancil pada sebuah kolam yang sangat jernih,hingga 
dia bisa bercermin di atasnya. 
Karena rasa lelah setelah berlari,si kancil pun beristirahat di situ. ''Ah..istirahat dulu.Mungkin singa itu sudah tak mengejar ku lagi.Dia 
tak terbiasa masuk hutan,mungkin dia sudah menyerah lalu kembali ke 
padang rumput''.Gumam kancil dengan nafas ngos-ngosan. Tapi baru beberapa saat kancil beristirahat,tiba-tiba singa itu datang. "Hai mahluk kecil,mau lari kemana lagi kau.Kau ini makanan jenis 
apa?Banteng bukan,karena kau tak punya tanduk.Rusa juga bukan,karena 
ukuran tubuh mu terlalu kecil untuk ukuran rusa.Tapi tak apa lah..aku sedang 
lapar,paling tidak kau bisa sedikit mengganjal perut 
ku.Hahaha..ggrrrrrr''.Kata singa sambil menggeram. Tentu saja si kancil terkejut dengan kedatangan singa yang 
tiba-tiba,kancil sama sekali tidak siap. 
Tapi kancil teringat dengan air kolam tadi,dan kini dia punya ide 
untuk mengusir singa itu. 

''Hai singa..kau tak kenal aku?Sungguh nyali mu besar sekali berani 
mengikuti ku sampai tempat ku ini,sudah bosan hidup kau?''.Kata si 
kancil menggertak. Mendengar ucapan kancil,singa pun terkejut.Rasa penasaran muncul di 
benaknya,karena baru kali ini ada mahluk sekecil si kancil berani menggertaknya. ''Kurang ajar..!!Berani sekali mahluk kecil seperti mu mengancam aku.Kau tak kenal siapa aku?Aku adalah raja hutan penguasa padang rumput..''.Kata singa geram. ''Hah..aku kasihan kepada mu.Kau sangat bodoh sekali.Aku tadi lari 
bukan karena aku takut pada mu,tapi aku memang sengaja memancing mu ke sini...tempat makan favorit ku''.Kata si kancil dengan tenang. ''Kasihan?Bodoh?Tempat makan?Apa maksud mu?''.Tanya singa penasaran,mulai timbul rasa takut di hatinya. ''Maksud ku..kau tertipu dengan penampilan ku.Banyak sudah singa-singa seperti mu mati ku makan.Mereka tertipu dengan tubuh kecil ku,dan 


mengejar ku sampai tempat ini.Tapi sial bagi mereka..bukanya aku yang 
mereka makan,malah sebaliknya mereka yang ku makan''.Kata kancil 
meyakinkan. ''Hah..kau bohong..!! Binatang kecil seperti mu pasti hanya bersiasat 
untuk menipu ku,agar kau tak jadi ku makan.. ''.kata singa. 
''Aku tak bohong,aku hanya kasihan saja pada mu.Tapi karena aku sedang 
baik hati,aku beri kau kesempatan.Aku memakan singa-singa yang lain 
dan mengumpulkan kepala mereka di dalam lubang itu''.Kata kancil 
menunjuk ke arah kolam. 
''kau ku beri satu kesempatan untuk membuktikan sendiri,tengoklah ke 
dalam lubang itu.Maka kau akan melihat kepala singa di dalamnya..tapi 
jangan lama-lama,keburu kesabaran ku hilang''.Kata si kancil lagi. Karena penasaran,singa pun menengok ke arah kolam. Dan ketika singa itu melihat ke dalam kolam,dia melihat pantulan dari 
dirinya sendiri. Tapi karena dia hanya menjulurkan kepalanya saja untuk melihat ke dalam kolam,maka dia hanya melihat kepalanya saja. Sehingga dia mengira bahwa kepala singa yang ada di dalam kolam itu 
adalah korban-Korban si kancil seperti kata si kancil. Kontan saja singa itu berlari ketakutan menuju ke arah padang rumput,meninggalkan si kancil yang hanya bisa tertawa geli melihat singa yang ternyata bisa juga termakan tipu dayanya.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)