Home » , , , » Dongeng Kisah Bawang Merah Dan Bawah Putih

Dongeng Kisah Bawang Merah Dan Bawah Putih



Dongeng Kisah Bawang Merah Dan Bawah Putih


Pada jaman dahulu ada sebuah keluarga yang sangat mencintai sesama anggota keluarga. Keluarga itu memiliki anak perempuan yang berjulukan Bawang Putih. Bawang Putih ialah anak yang sangat rajin, sehari-hari ia membantu ibunya bekerja di rumah, sedangkan sang ayah bekerja di sawah. Keluarga itu sangat menyayangi Bawang Putih.

Hingga pada jadinya sang ibu sakit keras dan jadinya meninggalkan Bawang Putih yang waktu itu masih kecil dan sang ayah pun menikah kembali dengan seorang perempuan. Si ibu tiri Bawang Putih jadinya hamil dan melahirkan anak perempuan yang diberi nama Bawang Merah.

Dongeng Kisah Bawang Merah Dan Bawah Putih 


Bawang Putih dan Bawang Merah kini tumbuh menjadi 2 gadis yang sangat cantik, keduanya tampak hampir sama kecantikannya. Yang membedakan antara keduanya adalah, bawang merah gadis yang selalu bersolek, kerjanya setiap hari hanya menatap beling dan berhias sepanjang hari, berbeda dengan Bawang Putih yang selalu bekerja untuk keperluan keluarganya.

Pada suatu hari Sang Ayah mengalami kecelakaan, kini tinggal Bawang Putih bersama Ibu Tiri dan Bawang Merah yang malas dan jahat. Ibu tiri dan Bawang Merah ingin sekali mengusir Bawang Putih biar mampu menguasai harta peninggalan ayah Bawang Putih. Berbagai cara mereka usahakan biar Bawang Putih mampu pergi dari rumah mereka.

Pada suatu malam, Bawang Putih sedang tertidur pulas, kedua orang jahat itu kemudian belakang layar memindahkan Bawang Putih kedalam sebuah perahu dan menghanyutkan bawang putih ke sungai.

Bawang Putih  hanyut hingga jauh, pada jadinya perahunya tersangkut di sebuah pohon dan seorang nenek bau tanah menolong Bawang Putih dan membawanya ke rumahnya. Nenek bau tanah itu sangat kasihan dengan dongeng Bawang Putih yang diusir dari rumahnya oleh ibu tiri dan saudara tirinya Bawang Merah.

Bawang Putih jadinya boleh tinggal sementara di rumah nenek bau tanah itu, dan Bawang Putih sangat senang sekali. Akhirnya Bawang Putih bekerja menyerupai biasanya, membantu nenek bau tanah itu mengurus ladang labu yang ada di belakang rumah nenek itu.

Hingga pada suatu ketika, sang nenek bertanya kepad Bawang Putih, "Apakah kau tidak rindu dengan saudara dan ibu tirimu, Bawang Putih ?" tanya si nenek. Bawang Putih melongo dan berkata "Ya, saya rindu mereka Nek, walau mereka jahat kepadaku, tapi saya tetap menyayangi mereka" Bawang Putih sedih.

"Baiklah, kau anak yang sangat baik hati, pekerja keras dan tidak malas, besok engkau boleh pulang kerumah mu dan ambillah labu-labu ini untuk buah tangan buat ibu dan saudara tirimu".

Bawang Putih sangat senang, dan ia memilih labu yang berukuran kecil. Sang nenek sangat senang melihat perilaku Bawang Putih yang tidak rakus untuk membawa semua labu yang ada.

Akhirnya singkat dongeng Bawang Putih menemukan rumahnya dan bertemu dengan ibu tiri dan Bawang Merah. Melihat Bawang Putih pulang dan kembali membawa sebuah labu kecil, si Bawang Merah segera merampas labu yang dipegang Bawang Putih .

"Hai beraninya kau pulang kesini, dan membawa labu kecil untuk kami berdua" bentak bawang merah, lalu dibantingnya labu kecil tadi ke lantai, dan betapa terkejutnya bawang merah melihat isi labu tersebut ialah embel-embel emas yang sangat bagus dan cantik.

Niat jahat bawang merah kembali timbul, ia ingin ke rumah nenek bau tanah yang menunjukkan labu kepada Bawang Putih. Setelah hingga di rumah nenek bau tanah itu, Bawang Merah merampas labu besar dari nenek bau tanah itu dan membawa pulang.

Karena takut diketahui banyak orang, Bawang Merah dan ibunya menutup rapat rumahnya dan apa yang terjadi, setelah dibuka ternyata isi labu itu ialah binatang-binatang yang berbisa dan berbahaya, jadinya mereka tewas mengenaskan dimakan binatang tadi.

Hikmah dari dongen kisah Bawang Merah dan Bawang Putih ini, janganlah kita menjadi rakus akan harta kekayaan dunia, alasannya harta tidak akan kita bawa bila kita mati. Bawang Putih mencontohkan perilaku yang sangat baik, jujur dan berhati mulia.

Baca juga dongeng anak yang lainnya:
- Kisah Sepedaku yang Butut
- Kisang Kera Sang Raja
- Cerita Malin Kundang
Sumber http://www.dongenganakindonesia1.com


Dongeng Kisah Bawang Merah Dan Bawah Putih


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar yang baik ya sahabatku semua :)